Tips Belanja Cerdas Saat Harblonas

Hari Belanja Online Nasional atau disingkat Harbolnas kerap menjadi pusat perhatian banyak orang. Selain karena potongan harga, ada juga tawaran-tawaran menarik lain yang menjadi alasan Harbolnas menjadi sangat dinanti.

Menurut para ahli, Harbolnas tahun ini diprediksi akan memiliki peningkatan nilai transaksi dari tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan nilai transaksi tersebut berbanding lurus dengan besarnya atensi masyarakat terhadap penyambutan pesta belanja online tahunan itu.

Pada tahun 2017 silam, Harbolnas diikuti lebih dari 25 toko online di Indonesia dengan total transaksi mencapai Rp 4,7 triliun. Itu kurang lebih 4,2 kali lipat jika dibandingkan transaksi saat hari biasa. Nilai transaksi itu mengalami lonjakan lebih banyak Rp 1,4 triliun dari tahun sebHarblona

Dengan lebih dari 250 toko online yang mengikuti pesta belanja online pada tahun ini, diperkirakan jumlah transaksi dapat menyentuh angka yang fantastic, yakni Rp 7 triliun. Gegap gempita promosi dari pelaku bisnis online serta atensi yang sangat tinggi dari masyarakat diiringi peningkatan signifikan jumlah transaksi tiap tahunnya memperlihatkan besarnya kemungkinan pembeli bersifat konsumtif.

Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, menuturkan kalau kebanyakan masyarakat berpikir Harbolnas adalah kesempatan sekali dalam setahun yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin demi memperoleh diskon terbesar.

“Padahal, tidak semua transaksi ini akan berujung pada sebuah keputusan yang cerdas dan tepat, terutama apabila kesehatan keuangan setiap orang tidak diperhatikan secara menyeluruh,” ujar Johanna dalam keterangan pers kepada Kompas.com.

Tindakan spontan yang didorong oleh berbagai kemudahan saat berbelanja online seringkali memicu masalah keuangan baru kedepannya, seperti pembengkakan tagihan kartu kredit hingga nekat berutang demi barang yang tidak termasuk dalam kebutuhan pokok.

Karena itu, saya akan membagikan tiga tips untuk teman-teman di Indonesia agar bisa berbelanja cerdas saat Harbolnas.

Baca Yang Ini !  Di Kenya, Ada Jasa Pembuat Esai untuk Mahasiswa

Perhatikan Kondisi Keuangan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah meninjau kembali apakah kamu masih memiliki utang dari pembelanjaan sebelumnya, entah itu melalui kartu kredit atau institusi keuangan digital yang akhir-akhir ini sangat gencar melakukan promosi.

Usahakan untuk menerawang hingga enam bulan kedepan tentang apakah kamu masih memiliki pengeluaran yang besar seperti pembayaran premi asuransi yang jatuh tempo, uang sekolah anak, atau pengeluaran tak terduga lainnya.

Pastikan juga kamu mempunyai cadangan dana yang cukup untuk membayar semua tagihan itu.

Atur Anggaran Belanja

JIka kamu aman di kondisi pertama, maka perlu untuk dilakukan penghitungan terkait jumlah budget yang akan dialokasikan untuk belanja.

Pastikan juga kamu tidak hilang akal saat melihat berbagai label diskon dan akhirnya membeli barang yang memiliki harga di atas budget tersebut.

Jeli Terhadap Promo

Tentukan prioritas barang yang benar-benar kamu butuhkan. Biasakan untuk memeriksa harga terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya di beberapa toko online untuk mengetahui harga normal di pasaran.

Hindari terjerat strategi toko online yang menaikkan harga dahulu, dan kemudian memberi diskon besar seolah-olah barang tersebut mendapat promo yang luar biasa.

Selain itu, jika kamu membeli barang yang sangat tidak penting karena tergiur potongan harga besar, itu bukanlah cara berbelanja yang cerdas.

Itulah tips berbelanja yang baik dan benar saat Harbolnas. Sebagai tambahan, saya akan memberi info tentang promo di Blibli.com.

Pertama, setiap berbelanja minimal Rp 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan melakukan aktifitas rekomendasi, kamu akan mendapat 1 token yang berlaku mulai dari bulan Oktober hingga Desember. Token tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk bermain game capit.

Daru game capit itu kamu bisa mendapat barang-barang random dengan harga SYOK. Namun, kamu harus menebusnya maksimal dalam waktu 24 jam.

Baca Yang Ini !  Tips Aman Saat KKN di Desa

Kedua, pada tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember akan ada program SUPER SYOK. Karena itu kamu harus mengumpulkan token sebanyak-banyaknya.

Tinggalkan Balasan