Mengulas Perusahaan Penyedia Perlengkapan Ibu dan Anak: Mothercare

Mothercare adalah sebuah perusahaan retail yang berasal dari Britania Raya dan bergerak dalam pemenuhan perlengkapan khusus ibu dan anak yang berusia 0-8 tahun. Perusahaan ini telah mempunyai banyak cabang di seluruh dunia dan Indonesia menjadi salah satunya.

Pada awal kemunculannya, Mothercare hanyalah perusahaan penyedia kereta dorong bayi, furniture yang digunakan di kamar bayi, dan pakaian khusus untuk ibu hamil. Namun  seiring dengan banyaknya permintaan dari para konsumen, Mothercare mulai memperluas pangsa pasarnya hingga ke pakaian dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh anak berusia 0-5 tahun.

Pada akhirnya, Mothercare kembali memperluas jangkauan pasarnya hingga pada anak yang berusia 8 tahun. Hal ini dikarenakan tingginya antusiasme konsumen terhadap pakaian anak-anak. Hingga saat ini, Mothercare telah mengeluarkan banyak produk perlengkapan ibu dan anak mulai dari usia 0-8 tahun.

  1. Sejarah Awal Kemunculan Mothercare

Mothercare pertama kali berdiri pada tahun 1961 dibawah kepemimpinan dua pengusaha kondang yakni Selim Zilkha dan Sir James Godismith. Pada awal debutnya, Mothercare hanyalah sebuah toko kecil yang menjual kereta dorong bayi, furniture kamar bayi, dan pakaian khusus untuk para ibu hamil.

Toko pertamanya ii beralamatkan di Surrey. Surrey adalah salah satu daerah yang masuk dalam lingkup benua Inggris dan menjadi ibukota Kingston. Mothercare pertama kali terdaftar dalam Bursa Saham London pada tahun 1972.

Di tahun 1982, Mothercare bergabung dengan perusahaan Habitat dan membentuk Habitat Mothercare plc. Setelah itu, perusahaan tersebut bergabung dengan British Home Stores kemudian membentuk Storehouse plc. pada tahun 1986. Setelah itu pada tahun 1996, perusahaan ini membeli Children’s World dari Boots.

Kemudian perusahaan tersebut mengubah nama semua tokonya menjadi Mothercare World. Hingga pada akhirnya, toko BHS dijual kepada Philip Green pada tahun 2000. Setelah toko tersebut resmi berpindah tangan, Storehouse kembali dialihkan menjadi Mothercare.

Pada bulan April 2007, pihak Mothercare membeli Early Learning Centre atau ELC. Dan pada bulan Juli 2010, Mothercare membeli sebuah merek dagang yakni Blooming Marvellous. Namun, pada tahun 2011 terdapat laporan yang mengatakan bahwa Mothercare mengalami restruksisasi besar-besaran yang membuatnya harus memindahkan toko ELC-nya ke toko Mothercare demi menekan biaya.

  1. Pengoperasian Mothercare

Mothercare telah berhasil membuka cabangnya hingga ke berbagai negara di dunia. Menurut data yang beredar pada bulan November 2009, Mothercare telah memiliki 1060 toko diseluruh dunia. Sekitar 389 toko berada di Britania Raya dan 671 sisanya tersebar di 38 negara.

  1. Cara Melakukan Pemesanan di Mothercare

Tidak hanya berfokus menambah berbagai produknya saja, Mothercare juga menambahkan layanan-layanan yang diberikannya. Jika saat ini Mothercare sudah bisa dipesan secara online dengan melalui platform e-commerce, dulu produk-produk dari perusahaan ini hanya bisa dipesan melalui surat ataupun telegram untuk pembeli jarak jauh.

Namun pada tahun 1962, pihak Mothercare menambahkan layanan pemesana melalui Mail guna memudahkan para konsumen untuk membeli produknya. Dengan adanya fitur layanan baru ini, banyak orang berada di luar Britania Raya membeli produk Mothercare.

  1. Mothercare Menjadi Perusahaan Publik

Setelah 11 tahun berdiri, Mothercare akhirnya berhasil menjadi perusahaan public setelah resmi terdaftar dalam Bursa Saham London pada tahun 1972. Bursa Saham London adalah salah satu bursa saham yang paling besar di dunia. Dengan masuknya Mothercare di Bursa Saham London secara resmi, perusahaan ini resmi menjadi perusahaan public.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Mothercare. Dengan seluruh cerita dan sejarah perjuangan Mothercare, kini perusahaan ini telah berhasil menjadi salah satu produsen perlengkapan ibu dan anak terkemuka di dunia.

Tinggalkan Balasan