Kenali Gejala Sindrom Burnout Karena Stres Kerja

‘Burnout’ menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan secara fisik, emosional dan mental lelah milenium karena pekerjaan. Beberapa waktu lalu, WHO juga mengungkapkan bahwa burnout telah diakui sebagai sindrom. Banyak orang tidak menyadari sindrom ini. Oleh karena itu, mengetahui tanda-tanda dan solusi.

Beberapa waktu lalu, WHO mengumumkan deplesi telah diperkenalkan dalam revisi 11 dari Klasifikasi Internasional Penyakit sebagai fenomena kerja. Deplesi adalah kondisi mental, tetapi dapat disebut sebagai sindrom. Sindrom yang disebabkan oleh stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

Beberapa gejala bisa menjadi tanda, seperti hilangnya perasaan energi, sikap negatif atau sinis terhadap pekerjaan, untuk efisiensi kerja berkurang.

Milenium memang hidup di zaman di mana keberhasilan kerja dikejar dan dikagumi. Banyak orang semakin ditekan untuk mengejar karir. Selain itu, fakta bahwa mereka adalah generasi yang paling terdidik tetapi juga dibayar sedikit. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan stres mental dan fisik.

Selain tertekan dan lelah, ‘burnout’ dapat menyebabkan insomnia, kecemasan, konsentrasi kesulitan, melemahnya sistem kekebalan tubuh, depresi. Hampir setiap pekerja tidak pernah memiliki ‘burnout’ dalam karirnya. Sehingga sindrom ini tidak terlalu banyak mengganggu kesehatan mental Anda, berikut adalah cara untuk mengatasinya tanpa Anda harus menghentikan atau mengubah pekerjaan.

Memanjakan diri sendiri
Salah satu cara untuk meringankan kelelahan dapat menikmati. Misalnya, dengan makan di restoran favorit, spa, karaoke, atau hal-hal lain yang Anda tahu bisa menghibur. Tapi tentu saja tidak melakukannya terlalu jauh sampai itu beban keuangan atau merusak kesehatan.

kualitas tidur
Cara lain yang dikenal untuk mengurangi stres kerja adalah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur setiap hari. Jika Anda tidak bisa mendapatkan banyak tidur pada malam karena terburu-buru, mengambil keuntungan dari istirahat di kantor untuk menutup mata sejenak. Kurang tidur dikenal untuk membuat orang lebih sensitif terhadap memperburuk ‘burnout’.

Baca Yang Ini !  Penyebab Karyawan Pernah Menangis di Kantor

Olahraga
Sport dikenal untuk melepas lelah. Untuk menjadi sehat dan jauh dari stres, disarankan untuk berolahraga tiga kali seminggu. Namun, jika tidak ada waktu, paling tidak memanfaatkan waktu akhir pekan untuk memindahkan tubuh atau berjalan di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Singkirkan hal-hal negatif
Tahu apa yang telah membuat Anda ‘burnout’ maka yang benar. Jika Anda tidak ingin mengubah pekerjaan, mengubah hal-hal yang masih bisa ditingkatkan untuk bekerja lebih nyaman.

Mencari Perdamaian
Kemudian menemukan hal-hal yang membuat Anda lebih rileks sebagai ‘burnout’. Tak perlu bermeditasi, Anda dapat mengambil waktu untuk berdoa atau hanya duduk dan mengosongkan pikiran Anda. Jika kantor ada tempat untuk berbaring, tubuh cobarelakskan di sana selama 10 menit dan mengatur pernapasan.

Tinggalkan Balasan